Penyebab Kanker

Penyebab kanker adalah mutasi sel. Mutasi dapat terjadi Melalui berbagai cara. Selama pembelahan sel, meskipun kemungkinan kesalahan kecil, tapi tetap saja bisa terjadi. Jika terjadi mutasi pada protoonkogen (unchanged form of oncogenes), dapat menyebabkan inisiasi kanker. Bersumber dari: Kanker – Pengertian, Penyebab, Jenis Kanker - Mediskus



Berbagai agen atau zat yang dapat menyebabkan mutasi dikenal sebagai mutagen.
Ada lebih dari 40.000 jenis mutagen, biologis dan non-biologis.
Beberapa gas mustard, tembakau, asbes, UV, beberapa jenis virus dll.
Oksidan yang banyak terkandung dalam makanan, makanan yang mengandung banyak lemak
dan minyak berlebih dan asupan anti-oksidan yang kurang  dapat menyebabkan kanker.
Bersumber dari: Kanker – Pengertian, Penyebab, Jenis Kanker - Mediskus.

Beberapa kasus terjadi belakangan ini satu keluarga Tiongkok berjumlah 3 orang " Semua Terkena kanker", setelah dilakukan penelitian rupanya penyebabnya adalah alat yang sering dipakai di dapur yang kita gunakan sehari - hari. Dari ketiga orang ini didiagnosa terlebih dahulu terkena kanker adalah ibuny yang terkena kanker payudara padahal usianya baru 33 tahun, kemudian bapaknya yang doagnosa menderita kanker ginjal, tak lama kemudian neneknya juga divonis menderita kanker otal dan kanker paru - paru, dari sini timbul pertanyaan mengapa bisa satu keluarga terkena kanker? Bukanlah kebiasaan buruk atau genetik atau yang lainnya tetapi setelah diselidiki dan dilakukan penelitian ternyata yang menyebabkan kanker adalah benda yang mereka gunakan setiap hari di dapur.

Setiap rumah pasti punya papan talenan, papan ini jika tidak dibersihkan sampai benar - benar bersih bisa menimbulkan berbagai jenis bakteri tumbuh di atasnya, salah satu jenis yang paling berbahaya adalah alfatoksin. Alfatoksin adalah senyawa karsinogenik yang tingkat keracunannya paling tinggi, dimana 1 mg alfatoksin saja dapat menyebabkan kanker apa lagi jika 20 mg alfatosin bisa lamgsung merenggut nyawa.
Kasus satu keluraga ini yang semuanya terkena kanker karena terekspose racun alfatoksin masuk ke dalam tubuh akibat papan talenan yang tidak dicuci bersih.

Umumnya ada 3 jenis papan talenan :

1. Terbuat Dari Kayu

  • Bahannya sangat tebal, kokoh, cocok untuk memotong daging atau makanan keras. tetapi kekurangannya adalah tidak mudah dibersihkan, kuat menyerap air, tidak mudah kering dan jika terlalu lama di lingkungan basah akan mudah menimbulkan racun.
2. Terbuat Dari Bambu
  • Bahan ini mengandung formaldehida dan mudah rapuh. Formaldehida bila masuk ke makanan dan diserap tubuh dapat menyebabkan erosi lambung, borokan, dan bahkan berlubang, jika anda membeli talena jenis ini pilihlah dengan merk dan kualitas terjamin kandungan formaldehida lebih rendah.
3. Terbuat Dari Plastik
  • Telenan jenis ini lebih ringan dan mudah dibawa namun mengandung polypropylene dan bahn lainnya, apabila terkontaminasi dengan suhu tinggi maka akan mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, hanya cocok untuk memotong sayuran dan buah segar.
Bagaimana cara membersihkan talenan agar bersih dan bebas bakteri???

1. Air Cuka
  • Bau ikan dan daging akan tertinggal pada papan yang menyebabkan bau amis. cara membersihkan talenan tersebut ialah tuangkan sedikit cuka di atas papan dan gosok menggunakan kain bersih, lalu bilas dengan air bersih kemudian letakkan di tempat kering dan berventilasi.
2. Air Matang
  • Sebenarnya air karan yang kita gunakan untuk mencuci papan masih mengandung bakteri, setelah dicuci usahakan langsung bilas dengan air yang sudah dimasak / mendidih kemudian letakkan di tempat yang kering.
3. Garam
  • Taburkan sedikit garam di ats papan talenan kemudian letakkan selama 30 menit dan bilas dengan air, maka garam selain membunuh sebagian besar bakteri juga menjaga kebersihan talenan.
4. Jahe
  • Ambil sebatang jahe kemudian potong kecil - kecil jahe tersebut, talenan yang sudah dipakai dibilas dengan air kemudian ambil potongan jahe tadi untuk digosokkan dia atas talenan kemudian bilas dengan air dan lakukan beberapa kali sampai talenan bebas bau amis.
5. Sinar Matahari
  • Talenan yang sudah dipakai letakkan di bawah sinar matahari, dimana sinar UV matahari tidak hanya bis membunuh sebagian besar bakteri , tetapi juga bisa menyingkirkan sebagian besar air yang terserap di talenan sehingga talenan menjadi kering dan bersih.
Itulah yang blog elruth.com yang bisa dibagikan kepada anda dan yang terpenting adalah jangan gunakan talenan yang sama untuk semua jenis makanan, pisahkan talenan khusus untuk memotong sayuran, buah dan daging dengan begitu dapat menghindari kontaminasi bakteri antar makanan.

Nah saatnya periksa apakah papan talenan rumah anda bersih??? Ayo periksa jaga agar bersih dan kering agar keluarga anda terhindar dari penyakit Kanker, semoga bermanfaat.




loading...