Kapal Pengangkut Kargo Curah Kering Terbaru 2019

Kapal Pengangkut Kargo sudah banyak diproduksi oleh tiap - tiap perusahaan pada setiap negara untuk mendukung bisnis di jasa pengangkutan laut pada khususnya. dari tahun ketahun pertumbuhan ekonomi begitu sangat cepat dan melambung tinggi, bisnis di berbagai bidang terus berjalan dan produksi bahan komoditas terus dikembangkan dalam mendukung pendapatan tiap - tiap negara dan setiap negara berlomba - lomba untuk mempromosikan setiap hasil sumber daya alamnya. Barang curah adalah komoditas yang ditangani, ditransportasikan, dan didistribusikan dalam jumlah besar dan tidak terkemas. Sedangkan barang curah di sini dibagi menjadi dua jenis yaitu Barang curah kering dan Barang curah cair.


Barang atau kargo curah dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
  • Barang curah kering adalah barang yang berupa butiran padat atau berbentuk biji- bijian seperti; batu bara, biji besi, palawija, tepung dll.
  • Barang curah cair adalah barang yang berupa cair liquid seperti minyak kelapa sawit, minyak mentah, bahan- bahan kimia , dll.

Di dunia bisnis kapal kargo sangat menunjang pengangkutan komoditas baik komoditas tambang seperti batubara, semen, tembaga, nikel, pasir dan hasil tambang lainnya. Pada setiap negara sudah pasti tidak semua memiliki sumber daya alam oleh sebab itu itu perlu dilakukan kerjasama suatu negara penghasil sumber daya alam yang dibutuhkan di negara lain, dalam melakukan kerjasama ini pasti akan dilakukan ekspor dan impor suatu barang komoditas yang bisa diangkut suatu kapal melalui transportasi laut antar negara. Posisi kapal juga berperan penting dalam pengiriman dalam skala besar sebagian besar melalui laut, dengan minimnya pelabuhan tentu akan mempengaruhi barang yang sampai ke suatu wilayah daerah yang berdampak pada harga pasar di suatu wilayah tertentu.

Berikut Kapal Pengangkut Kargo Curah Kering dari kapasitas paling kecil sampai paling besar :
  • Kapal Handysize memiliki daya dukung hingga 39.999 DWT. Kapal ini terutama terlibat dalam menjalankan kargo curah minor. Semakin besar ukurannya, kapal jenis ini beroperasi dalam rute perdagangan regional. Kapal Handysize sangat cocok untuk pelabuhan kecil dengan panjang dan rancangan pembatasan. Gear cargo mereka memungkinkan mereka untuk meggunakan pelabuhan dengan fasilitas minim.
  • Kapal Handymax memiliki daya dukung 40,000-59,999 DWT. Kapal ini beroperasi di sejumlah besar rute perdagangan geografis, membawa terutama biji-bijian dan curah ukuran kecil. Handymax ini memiliki kategori kapal yang disebut Supramax. Kapal Supramax memiliki kapasitas antara 50.000 sampai 59.999 DWT, biasanya bongkar muat kargo yang fleksibel dengan on-board crane, atau gear, sementara pada saat yang sama yang memiliki kargo yang membawa kemampuan mendekati konvensional kapal curah Panamax.
  • Kapal Panamax dapat mengangkut muatan sebanyak 60,000-79,999 DWT. Kapal ini biasanya mengangkit batubara, bijih besi, biji-bijian dan lainnya. Kadang juga digunakan untuk pengangkutan produk baja, semen dan pupuk. Kapal panama ini juga dapat melalui terusan panama, membuat kapal ini lebih fleksibel. Namun kekurangan kapal ini seringkali tidak bisa bekerja tanpa disertai fasilitas pelabuhan yang cukup baik seperti crane pada pelabuhan.
  • Kapal Post-Panamax yang memilikimkapasitas 80,000-109,999 DWT. Kapal ini cenderung memiliki rancangan dangkal dann balok lebih besar begitupun dengan kargo yang lebih tinggi. Selain itu kapal ini khusus dirancang untuk memuat kargo kubik tinggi dari rancangan yang dibatasi pelabuhan, meskipun kapal ini tidak dapat transit di terusan panama.
  • Kapal Capesize memiliki kapasitas 110,000-199,000 DWT. Hanya pelabuhan dengan ukuran yang cukup panjang yang dapat menampung kapal ini. Biasanya digunakan untuk pengangkutan bijih besi atau batubara dan biji-bijian dengan rute yang cukup jauh.
  • Very large ore carriers merupakan kapal yang dapat mengangkut kapasitas lebih besar dari 200,000 DWT dan merupakan sektor relatif baru pada pengangkut muatan curah kering. Biasanya dimanfaatkan untuk pengangkutan rute jarak jauh pada mutan bijih besi.
Berikut Jenis - jenis kapal yang sering kita jumpai di setiap negara :

  1. Kapal motor adalah kapal yang dilengkapi dengan motor sebagai penggerak utama. Kapal ini biasanya disebut Kapal Motor (KM) 
  2. Kapal uap adalah kapal yang dilengkapi dengan mesin uap sebagai alat penggerak utamanya. Kapal ini biasanya disebut sebagai Kapal Api (KA) 
  3. Kapal nelayan adalah kapal yang dilengkapi dengan layar-layar sebagai penggerak utamanya
  4. Kapal nelayan laut adalah kapal yang hanya digunakan untuk menangkap ikan di laut, ikan paus, anjing laut, beruang lautatau sumber-sumber hayati laut lainnya, kecuali jika kapal tersebut berukuran 100 meter kubik isi kotor atau lebih dan diperlengkapi dengan mesin penggerak (pasal 1ayat 2 Beslit Surat Laut dan Pas Kapal – 1934), maka kapal tersebut nukan kapal nelayan laut
  5. Kapal penangkap ikan adalah kapal yang digunakan untuk menangkap ikan, ikan paus, anjing laut, singa laut atau sumber hayati lain di laut
  6. Kapal tongkang adalah kapal yang tidak mempunyai alat penggerak sendiri, sehingga harus ditarik atau ditunda oleh kapal lain
  7. Kapal tunda adalah kapal yang khusus digunakan untuk menunda atau menarik kapal lain (yaitu kapal tongkang) 
  8.  Kapal penumpang adalah kapal yang dapat mengangkut lebih dari 12 orang
  9. Kapal barang adalah kapal yang bukan kapal penumpang, digunakan terutama untuk mengangkut barang
  10. Kapal tangki adalah kapal barang yang khusus dibangun untuk mengangkut muatan cair secara curah, yang mempunyai sifat mudah menyala
  11. Kapal nuklir adalah kapal yang dilengkapi dengan instalasi reaktor nuklir
  12. Kapal pedalaman/perairan darat adalah kapal yang digunakan untuk melayari sungai, terusan, danau dan perairan darat lainnya 
  13. Kapal perang adalah kapal yang hanya digunakan untuk perang, termasuk kapal-kapal yang digunakan untuk mengangkut tentara atau perlengkapan perang
  14. Kapal layar dengan tenaga bantu adalah kapal layar yang dilengkapi dengan motor bantu yang dalam keadaan tertentu saja digunakan sebagai pengganti layar, dan bukan kapal yang ditunda atau tongkag
  15. Kapal keruk adalah kapal yang berdasarkan bangunannya dan tata susunannya hanya diperuntukkan bagi pelaksanaan atau digunakan untuk pekerjaan bangunan air
Itulah yang dapat saya bagikan melalui blog sederhana ini mengenai Kapal pengangkut Kargo Curah Kering Terbaru, mulai dari kapasitas kecil sampai dengan kapasitas paling besar.


loading...