Kumpulan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Tahun 2019

Surat izin tidak masuk sekolah tetap harus dibuat di zaman yang serba canggih ini karena merupakan suatu berita yang dibuat untuk disampaikan secara tertulis kepada wali guru di sekolah. Dengan adanya surat sakit tersebut membuat kita nyaman karena dalam ketidak hadiran kita di sekolah saat kita sakit itu secara langsung ada beberapa mata pelajaran yang tidak bisa kita ikutin maka dari situlah guru akan mempertimbangakan atau akan memeikirkan tugas apa yang akan diberikan sebagai ganti ketertinggalan mata pelajaran tersebut apalagi jika ada ulangan atau test soal dari setiap mata pelajaran yang tidak sempat kita ikuti.


Pada saat ini sudah banyak cara untuk menyampaikan izin kepada wali guru jika kita sakit, tetapi yang paling resmi dan sopan untuk anak sekolah adalah dengan membuat surat disertai dengan surat keterangan dari dokter jika ada. dalam menulis surat izin karena sakit sebaiknya ditulis dengan tata bahasa yang baku sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Bagi anak sekolah pasti sudah pernah diajarkan dalam menulis surat yang baik dan benar melalui pelajaran bahasa, dengan ilmu tersebutlah kita dapat menulis surat izin tidak masuk sekolah dengan mudah.

Baca Juga : Kumpulan Puisi dan Pantun di Hari Kesaktian Pancasila

Dari beberapa cara yang dilakukan dalam menyampaikan izin tidak masuk sekolah karena sakit sekarang ini baik itu secara tertulis bisa juga dilakukan secara lisan yang dilakukan oleh orangtua atau wali dengan mendatangi pihak sekolah atau wali guru untuk menyampaikan berita tersebut dan itu lebih mudah dipercaya karena orangtua langsung bertemu dengan guru yang bersangkutan.

Baca Juga : Kumpulan Puisi di Hari Kartini

Dalam membuat sebuah surat izin sakit terutama izin tidak masuk sekolah merupakan hal yang sangat mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penulisannya seperti tanda baca yang benar, penggunaan bahasa denganbenar dan lain sebagainnya.Nah secara umum format surat izin sekolah yang benar sesuai ejaan bahasa indonesia yang disempurnakan adalah sebagi berikut:

  1. Tempat dan tanggal Surat, kapan dan dimana surat dibuat
  2. Penulisan “Yth” atau “Kepada” pada baris ke-2
  3. Menggunakan Salam pembuka, umumnya menggunakan kata “Dengan hormat”.
  4. Pembuka
  5. Isi surat, menerangkan kalau anda tidak bisa masuk sekolah, karena alasan “sakit”
  6. Penutup, berisikan permintaan maaf dan terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). 
  7. Gunakanlah kata “bapak/ibu”. Sebagai contoh “terimakasih atas perhatian bapak/ibu guru”.
  8. Tanda tangan wali murid.
Di atas anda pasti sudah mengerti cara membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, anda dapat langsung melihat beberapa kumpulan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit di bawah ini :

CONTOH SURAT 1


Makassar, 12 Februari 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A
SMAN 1 Maros

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Widodo Setiawan
Siswa : Kelas XI-A. SMA N 1 Maros
Alamat : Jl. Cendrawasih No.5 Makassar

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis 12 Februari 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A agar memberikan izin.

Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Sulaiman

CONTOH SURAT 2

Samarinda, 20 Februari 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A
SMA N 2 SAMARINDA

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   : Venicka
Siswa   : Kelas XII-A. SMA N 2 SAMARINDA
Alamat : Jl. Kadrie Oening No.123 Samarinda

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa 20 Februari 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin.

Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid


CONTOH SURAT 3

Surabaya, 28 Februari 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B
SMKN 2 Surabaya

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   : Awaludin
Siswa   : Kelas XI-B. SMKN 2 Surabaya
Alamat : Jl. Jendral Sudirman  No. 03 Surabaya

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 28 Februari 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B agar memberikan izin.

Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid


Joko


Demikian contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit di atas yang bisa anda jadikan referensi sebagai contoh surat sakit yang benar sesuai ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan dan sopan.
loading...